Analisis Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Kelas IV SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar matematika pada materi pecahan di kelas IV SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana materi dikaji dan dianalisis secara objektif sesuai dengan penemuan yang ditemukan di lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, orang tua siswa, dan 7 siswa kelas IV SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumetasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih ada siswa yang kesulitan belajar matematika pada materi pecahan. Letak kesulitan yang dialami siswa pada saat melakukan perhitungan mengubah pecahan kedalam bentuk persen. Siswa mengalami kesulitanya pada saat dimana cara yang diberikan oleh guru haruslah penyebut dikali dengan jumlah yang hasilnya seratus, tetapi siswa masih bingung, disini terlihat bahwa siswa yang mengalami kesulitan ialah siswa yang belum terlalu paham dengan operasi hitung perkalian. Faktor-faktor yang mendukung kesulitan belajar antara lain kemampuan siswa dalam belajar matematika, kondisi siswa dalam proses belajar matematika, minat serta motivasi belajar siswa yang sangat rendah, variasi guru dalam mengajar yang membuat siswa bosan dan tidak mau memperhatikan guru, media pembelajaran yang kurang konkret dan memadai, serta peran orang tua yang masih lemah dalam mengingatkan belajar anak dirumah.
Copyrights © 2023