Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 5 (2023): Volume 09 No. 05 Desember 2023

PENTINGNYA MOTIVASI GURU GUNA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dwi Dipta Dalilah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Encep Andriana (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Rokmanah (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui betapa pentingnya motivasI yang diberikakn guru guna meningkatkan semangat belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian dekskriptif kualitatif, dengan cara wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan sesuai dengan yang diteliti. Penelitiana ini dilakukan di kelas III SDN Ciodeng 2 yang berada di Pandeglang-Banten. dengan subjek yang diteliti adalah 1 orang guru wali kelas III dan beberapa subjek perwakilan siswa. Dalam motivasi belajar terdapat dua sumber, ada yang faktor intrinsik dan ektrinsik, pada faktor intrinsik dan ektrinsik mengalami perbedaan peningkatan semangat dan hasil belajar siswa dari sebelum diberikannya motivasi belajar dan sesudah diberikannya motivasi belajar. Dari hasil penelitian ini juga ditemukan ada (6) indicator yang harus ada dalam motivasi belajar dan beberapa diantaranya sudah terpenuhi dengam diadakan motivasi belajar yang dilakukan guru untuk mendorong motivasi semangat belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...