Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 5 (2023): Volume 09 No. 05 Desember 2023

PENERAPAN METODE BERNYANYI PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN PEDURUNGAN TENGAH 02

Dinda Syavira Maharani Dinda (Universitas Negeri Semarang)
Mufida Khusnunnisa' (Universitas Negeri Semarang)
Susilo Tri Widodo (Universitas Negeri Semarang)
Putri Nor Kholifah (SDN Pedurungan Tengah 02)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya meningkatkan kemampuan hafalan siswa dalam memahami materi Keanekaragaman Budaya dengan metode bernyanyi sebagai strategi pembelajaran di SDN Pedurungan Tengah 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN Pedurungan Tengah 02 yang terdiri dari 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan menghafal siswa pada materi keberagaman budaya setelah diberikan perlakuan menggunakan metode bernyanyi. Hal ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Pancasila khususnya pada materi Keragaman Budaya di SDN Pedurungan Tengah 02. Oleh karena itu, disarankan agar metode bernyanyi dapat terintegrasi pada materi Keragaman Budaya dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada materi keberagaman budaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...