Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 5 (2023): Volume 09 No. 05 Desember 2023

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN COOPERATIVE DALAM PENANAMAN NILAI PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS II SD NEGERI PODOREJO 02 KOTA SEMARANG: Penelitian Kualitatif

Lutfi Azzahro (Universitas Negeri Semarang)
Eliana Putri Salsabila (Universitas Negeri Semarang)
Wulan Aulia Azizah (Universitas Negeri Semarang)
Susilo Tri Widodo (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran pendidikan Pancasila mempunyai peranan penting dalam membentuk pemahaman dan perkembangan kognitif siswa. Hasil wawancara dan observasi pembelajaran PKn, siswa belum mampu menyebutkan contoh pengamalan dan pengklasifikasian pengamalan sila Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam penanaman nilai-nilai Pancasila pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II SD Negeri Podorejo 02 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes tertulis, dan rubrik untuk menilai sikap sosial dan spiritual siswa. Hasil penerapan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada Kelas II SDN Podorejo 02 Kota Semarang menunjukkan adanya peningkatan nilai ketuntasan pretest hingga posttest. Sebelum penerapan model, skornya 67% tuntas dan 33% belum tuntas. Setelah penerapan model, skor ketuntasan meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat baik dan 5% belum tuntas. Penilaian sikap sosial terhitung kategori sangat baik dengan skor ketuntasan sebesar 90,5%, sedangkan penilaian sikap spiritual terhitung kategori sangat baik dengan skor 4 dan capaian 100% dengan kategori sangat baik. Sehingga dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif atau pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam penanaman nilai-nilai Pancasila terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran pendidikan Pancasila di Kelas II SD Negeri Podorejo 02 Kota Semarang mengalami peningkatan yang terlihat. dari hasil belajar, sikap sosial dan spiritual

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...