Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 1 (2024): Volume 10 No. 01 Maret 2024

PENGEMBANGAN FLIPBOOK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MATERI GOTONG ROYONG KELAS IV SD NEGERI SECANG : Penelitian dan Pengembangan

Syarifah Muthohharoh (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Arum Ratnaningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Suyoto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan mengembangkan produk media pembelajaran flipbook digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi gotong royong untuk kelas IV SD. Kearifan lokal yang diangkat dalam penelitian ini yaitu kegiatan gotong royong di wilayah Kabupateen Purworejo. Pengembangan produk ini didasari dari kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran. Jumlah media pembelajaran yang terbatas dan kurang maksimalnya guru dalam penggunaan teknologi pembelajaran membuat siswa merasa jenuh dalam pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Secang Kabupaten Purworejo yang berjumlah 10 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi hasil wawancara, observasi, angket penilaian ahli, angket respon, penilaian keterlaksanaan pembelajaran, dan tes. Flipbook digital yang dihasilkan memperoleh penilaian kelayakan sebesar 3,72 dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan produk memperoleh rerata persentase 87,5% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan produk memperoleh persentase 73,67% dengan kriteria efektif. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai 91,67% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka flipbook digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi gotong royong yang dikembangkan dinyatakan layak untuk pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...