Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No. 02 Juni 2024

STUDI LITERATUR: PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA DIGITAL

Hasnah Fadiyah (Universitas Negeri Jakarta)
Endang M. Kurnianti (PGSD Universitas Negeri Jakarta)
Uswatun Hasanah (PGSD Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan media digital dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif literature review/studi pustaka. Metode penelitian kualitatif literature review ini merupakan metode penelitian kualiatif yang menggunakan bahan pustaka sebagai sumber data utama. Peneliti melakukan pengkajian dan menganalisis 10 data 4 tahun terakhir yang terdiri atas 10 artikel jurnal nasional. Hasil temuan penelitian menyatakan bahwa penggunaan media digital yang inovatif saat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa Sekolah Dasar, seperti video animasi, media i-spiring, flipbook, augmented realitiy, nearpod, wordwall, quizizz,media komik digital, dll. Selain itu, media digital yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah media quizizz dan media komik digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...