Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang digunakan oleh guru kelas pada Materi Perhitungan Bilangan Asli Penjumlahan dan Pengurangan pada siswa kelas IV-A SDN Rejosari 01 Semarang yang dilaksanakan di SDN Rejosari 01 Semarang. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. 3 siswa kelas IV-A SDN Rejosari 01 Kota Semarang terpilih sebagai subjek yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan.. Berdasarkan temuan penelitian, Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Perhitungan Bilangan Asli Penjumlahan & Pengurangan pada siswa kelas IV-A SDN Rejosari 01 Semarang sudah terlaksana dengan baik dan sudah menerapkan 5 fase pada sintanks PBL. Umpan balik positif pada sikap siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah telah mengarahkan peneliti pada kesimpulan bahwa siswa sudah mampu belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL ini. Ditinjau dari pemenuhan kriteria pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran dan keterlibatan siswa dalam pemecahan masalah, penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SDN Rejosari 01 Semarang pada siswa kelas IV-A dinilai baik dan berhasil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024