Penelitian ini dilatarbelakangi karena bahan ajar yang digunakan oleh guru terbatas, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi NKRI, penulis mengembangkan bahan ajar yang inovatif dan kreatif, yaitu e-modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui apakah pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Corporate Materi NKRI layak. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa dari kelas IV B SDN 019 Samarinda Ulu, yang melakukan penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisisnya kuantitatif, dengan validasi ahli dan analisis tanggapan angket siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti telah mengembangkan e-modul berbasis flip PDF menggunakan model ADDIE dalam lima tahap: analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Analisis kondisi kegiatan pembelajaran, analisis penggunaan bahan ajar, analisis kurikulum, dan pembuatan rancangan adalah semua bagian dari proses pengembangan. Aplikasi Canva digunakan untuk membuat bahan ajar, dan aplikasi Flip PDF Corporate digunakan untuk membuat e-modul. Mengembangkan dan menguji e-modul yang sudah dirancang. Pada tahap akhir, uji coba lapangan diberikan kepada siswa, dan setelah itu, evaluasi dilakukan dengan revisi. Uji kelayakan ahli materi mendapatkan skor 93% dengan kategori "Sangat Layak", sementara hasil ahli media mendapatkan skor 82% dengan kategori "Sangat Layak". Uji respons siswa pada skala kecil dan besar mendapatkan skor 96% dan 93% dengan kategori "Sangat Layak".
Copyrights © 2024