Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik permainan tradisional untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan) yang terdiri dari 5 tahap, yakni: 1) Analisis produk yang akan dikembangkan 2) Pengembangan produk pertama 3) Verifikasi dan revisi profesional 4) Uji coba dan revisi skala kecil 5) Produk akhir dan uji lapangan ekstensif. Pengumpulan data dengan penyebaran angket kepada 10 guru kelas/pendamping dan penilaian produk kepada 2 ahli yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Adapun prosedur penelitian yang peneliti lakukan dibatasi sampai uji coba skala kecil dan revisi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Data kualitatif hasil dari uji validasi dari ahli materi, media, dan bahasa yaitu perlu adanya perbaikan cover, penambahan poin hak cipta, pendahuluan, cara penggunaan buku, pemecahan permainan ke dalam perilaku yang diinginkan, uraian permainan tradisional dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku prososial anak, dan keefektifan kalimat. 2) Data kuantitatif hasil uji validasi dari ahli materi, media, dan bahasa diperoleh hasil rata-rata sebesar 72% yang berarti buku panduan dikategorikan layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria kelayakan buku panduan. Hasil uji coba respon kelayakan produk dengan Guru TK Wildan Kota Serang diperoleh hasil rata-rata sebesar 90% yang berarti buku panduan dikategorikan sangat layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria kelayakan buku panduan.
Copyrights © 2023