Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1 No 2 (2024): Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran

Peran Pembelajaran Elaborsi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP

Asniar (Unknown)
Rusydi (Unknown)
Dian, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran elaborasi terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Guppi Samata Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan pendekatan kuantitatif dengan desai factorial design. Populasinya ialah siswa kelas VII SMP Guppi Samata Gowa dan untuk sampel penelitian kelas VIIa berjumlah 20 siswa sebagai kelas ekspermen dan kelas VIIb berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengunpulan data yang digunakan menggunakan tes dan angket. Kemudian untuk Teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dan two way anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi pembelajaran elaborasi dan model langsung terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Guppi Samata, kemudian terdapat pengaruh strategi pembelajaran elaborasi terhadap pemahaman konsep matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Guppi Samata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

progresivisme

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran adalah jurnal ilmiah nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian, pemikiran, dan kajian ilmiah atau kajian kritis-analitis di bidang pendidikan dan pembelajaran yang memberikan sumbangan pada pemahaman, pengembangan teori serta ...