Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 1 (2025)

Pengembangan Modul Menulis Teks Fungsional Dunia Kerja Berbasis Project Based Learning di SMK-SMTI Makassar

Irma Rahmayani (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Saleh (Universitas Negeri Makassar)
Mayong Maman (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran menulis teks fungsional dunia kerja berbasis Project-Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas XII di SMK-SMTI Makassar. Modul ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memproduksi surat lamaran kerja, curriculum vitae, dan praktik wawancara kerja, yang merupakan keterampilan esensial di dunia kerja. Pengembangan modul dilakukan melalui metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall, melibatkan tiga tahap utama: analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji keefektifan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran mandiri oleh siswa. Modul ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks fungsional dunia kerja di kalangan siswa SMK, khususnya yang akan memasuki dunia industri

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...