ECEJ Early Childhood Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Juni 2024)

Menyelami Dunia Membaca dengan Syllabic dan Augmented Reality: Transformasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Ririn Dwi Ariani (Unknown)
Fadillah (Unknown)
Arifah An Nur (Unknown)
Nurul Inaya (Unknown)
Asty Oktavia Mursalim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Membaca merupakan kemampuan dasar yang krusial bagi anak. Namun, anak ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder kerap mengalami kesulitan dalam belajar membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi metode Syllabic berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Metode pendekatan yang digunakan adalah Research and Development dengan model Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation), penelitian ini melibatkan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Proses riset tediri dari tiga yaitu pretest, treatment dan post-test selama 10 pertemuan. Hasil riset menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder setelah treatment dengan Syllabic dan Augmented Reality. Hal ini terbukti dari hasil pretest dengan nilai 15,7% menjadi 84,5% pada hasil post-test. Dengan demikian, Syllabic dan Augmented Reality efektif dengan tingkat efektifitas yang tinggi dan bisa digunakan untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak Attention Deficit Hyperactive Disorder

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Early Childhood Education Journal is an open access peer reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published ...