Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII-4 MTS Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah pada mata pelajaran aqidah akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui akankah melalui model numbered head together bisa menaikkan kinerja akademik siswa dalam materi aqidah akhlak tentang rukun iman yang kedua di MTS Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah tahun ajaran 2023/2024. Dengan menggunakan model ini, guru dapat dengan mudah merangsang aktivitas siswa dengan menetapkan tugas dan pertanyaan untuk dikerjakan bersama oleh siswa pada grup mikro. Pendidik dapat dengan praktis mengawasi kegiatan peserta didik, maka bisa mengetahui derajat kesulitan serta problem pada peserta didik yang dihadapi, dan pendidik bisa menemukan jalan keluarnya. Hasil penelitian ini memperlihatkan model ini (numbered head together) bisa menaikkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat pada hasil penguraian data siklus sebelumnya yang rata-rata 71,3 dan keterwakilan ketercapaian sebesar 41%. Siklus I mempunyai rata-rata 77,4 dan tingkat penyelesaiannya 76%, naik ke rata-rata 85,40 dan tingkat penyelesaiannya 97% Pada siklus II. Bisa disimpulkan bahwa penerapan model (numbered head together) bisa menaikkan hasil belajar aqidah akhlak materi tentang rukun iman yang kedua kelas VII-4 MTs Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah tahun ajaran 2023/2024. Dampak dari penelitian ini sangat penting terutama bagi seorang pendidik aqidah akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024