Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 2 (2024): Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pan-Islamisme Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Di Indonesia

Humam, Syafiq (Unknown)
Khafidz, Abdullah (Unknown)
Murniati, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh Pan-Islamisme terhadap sistem pendidikan di Indonesia, yang mencakup analisis ideologis, sejarah, dan dampaknya terhadap kurikulum pendidikan Islam di masa modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, mencakup analisis literatur dari berbagai sumber yang relevan. Dalam artikel ini dijelaskan bagaimana konsep Pan-Islamisme, yang dipelopori oleh tokoh-tokoh seperti Jamaluddin al-Afghani dan Muhammad Abduh, telah menginspirasi transformasi pendidikan Islam di Indonesia melalui pengaruh organisasi seperti Jami’at al-Khair, Al-Irsyad, Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan ide-ide Pan-Islamisme dalam pendidikan, terjadi modernisasi kurikulum yang memadukan ilmu pengetahuan umum dan nilai-nilai Islam. Transformasi ini berkontribusi pada pembentukan generasi Muslim yang tidak hanya memahami ajaran agama, tetapi juga mampu beradaptasi dengan tantangan modern. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang relevansi Pan-Islamisme dalam membentuk sistem pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arrusyd

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan Islam, Ilmu pendidikan Islam, Strategi pembelajaran pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Manajemen ...