Dunia penelitian membutuhkan sebuah metode untuk mengidentifikasi celah penelitian (research gap) dari penelitian yang sudah dipublikasikan dalam bentuk jurnal maupun prosiding seminar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah analisis bibliometrik menggunakan bantuan perangkat lunak Publish or Perish dan VOSViewer. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis bibliometrik dengan topik keterampilan proses sains siswa SMA dan MA dari tahun 2010 sampai dengan 2023. Metode pengumpulan data menggunakan perangkat lunak Publish or Persih dengan database Google Scholar. Hasil pencarian kemudian disimpan dalam bentuk CSV file dan RIS file. Data CSV digunakan untuk melakukan analisis jumlah publikasi per tahun, tema penelitian, dan mata pelajaran yang digunakan dalam meneliti keterampilan proses sains siswa. Data RIS digunakan untuk melakukan visualisasi bibliometrik menggunakan VOSViewer. Hasil pengumpulan data publikasi diperoleh jumlah publikasi sebanyak 223 publikasi, setelah dilakukan pemilahan diperoleh data bersih sebanyak 203 publikasi. Jumlah publikasi terbanyak pada tahun 2016 sebanyak 31 publikasi dan hasil identifikasi tema penelitian diperoleh data sebanyak 19 tema penelitian. Untuk mata pelajaran yang paling banyak digunakan dalam meneliti keterampilan proses sains siswa adalah mata pelajaran fisika. Hasil visualisasi jaringan bibliometerik menunjukkan setiap kata kunci saling terhubung dengan kata kunci keterampilan proses sains. Hubungan antar kata kunci ini membentuk 12 klaster dengan kata kunci yang sering muncul sebanyak 33 kata kunci. Visualisasi overlay memberikan informasi terdapat lima kata kunci yang dapat dijadikan topik penelitian terbaru yang berhubungan dengan keterampilan proses sains. Visualisasi densitas menunjukkan keterampilan proses sains memiliki kerapatan yang paling besar dibandingkan kata kunci lainnya. The research community needs a method to identify gaps from research published in journals and seminar proceedings. One method that can be used is bibliometric analysis using Publish or Perish and VOSViewer software. This study aims to conduct a bibliometric analysis of the science process skills of senior high school students (SMA) and Islamic senior high school students (MA) from 2010 to 2023. Data were collected using Publish or Perish software with Google Scholar as a database. The retrieved results were subsequently saved in the CSV and RIS file formats. CSV data were used to analyze the number of publications per year, research themes, and subjects used in research on students’ science process skills. The RIS data were used to perform bibliometric visualisation using VOSViewer. A total of 223 publications were collected. After sorting, the number of clean data was 203 publications. The highest number of publications occurred in 2016, with 31 publications, and the identification of research themes yielded 19 themes. The subject most used in research on students’ science process skills is physics. The results of the bibliometric network visualization show that each keyword is interconnected with science process skill keywords. The relationships between these keywords created 12 clusters, containing 33 frequently appearing keywords. Overlay visualization reveals five keywords that could be explored as potential new research topics in science process skills. Density visualization shows that science process skills have the highest density compared to the other keywords.
Copyrights © 2024