INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 13, No 3 (2024): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dalam Materi Gerak Benda

Rahayu, Windarti (Unknown)
Sarwanto, Sarwanto (Unknown)
Oetomo, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Keterampilan dalam berpikir kritis adalah suatu hal yang krusial bagi peserta didik untuk mendukung ketercapaian dalam berjalannya pembelajaran, terkhusus pada pembelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan IPA merupakan materi belajar yang kompleks, tidak hanya, konsep, fakta, prinsip, dan hukum atau teori, tetapi meliputi proses rasa ingin tahu untuk menciptakan suatu penemuan. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengukur tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII dalam materi gerak benda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 26 Surakarta yang berjumlah 28 orang. Teknik dalam hal menentukan subjek pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis, dokumentasi, dan wawancara. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pertama reduksi data, kemudian penyajian data, dan setelah itu penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil dari analisis keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII dalam materi gerak benda adalah 57% dengan kategori keterampilan berpikir kritis cukup. Secara rinci dijabarkan yaitu aspek memberikan penjelasan sederhana dengan kategori tinggi sebesar 32%, aspek strategi dan taktik dengan kategori rendah sebesar 53%, aspek memberikan penjelasan lebih lanjut dengan kategori cukup sebesar 75%, aspek membangun keterampilan dasar dengan kategori rendah sebesar 53%, dan aspek menyimpulkan dengan kategori cukup sebesar 64%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...