Hasil observasi awal menunjukkan bahwa 60% siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar dan mengamalkan sila-sila Pancasila yang menjadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai keefektifan penggunaan media permainan kartu kuartet untuk meningkatkan motivasi siswa kelas V-C di SDN Pakis V Surabaya. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengikuti 4 fase model Kemmis dan McTaggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, digunakan. Sebanyak 20 siswa dari kelas V hingga C mengikuti penelitian ini selama dua semester. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media permainan kartu kuartet mampu meningkatkan motivasi siswa secara signifikan. Pada prasiklus, motivasi siswa meningkat sebesar 60%. Persentase siswa yang termotivasi meningkat menjadi 88,69% pada siklus II dari 75,93% pada siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya lebih termotivasi untuk mengamalkan sila-sila Pancasila ketika menggunakan media permainan kartu kuartet.
Copyrights © 2024