Journal of Education and Pedagogy
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Kartu Kuartet pada Materi Penerapan Sila-sila dalam Pancasila Kelas V SDN Pakis V Surabaya

Dina Noviasari (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Fatkul Anam (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Enok Fitriyah (SDN Pakis V Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa 60% siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar dan mengamalkan sila-sila Pancasila yang menjadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai keefektifan penggunaan media permainan kartu kuartet untuk meningkatkan motivasi siswa kelas V-C di SDN Pakis V Surabaya. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengikuti 4 fase model Kemmis dan McTaggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, digunakan. Sebanyak 20 siswa dari kelas V hingga C mengikuti penelitian ini selama dua semester. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media permainan kartu kuartet mampu meningkatkan motivasi siswa secara signifikan. Pada prasiklus, motivasi siswa meningkat sebesar 60%. Persentase siswa yang termotivasi meningkat menjadi 88,69% pada siklus II dari 75,93% pada siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya lebih termotivasi untuk mengamalkan sila-sila Pancasila ketika menggunakan media permainan kartu kuartet.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education and Pedagogy dengan E-ISSN 3064-0385 adalah jurnal ilmiah nasional yang didedikasikan untuk memajukan penelitian, teori, dan praktik di bidang pendidikan dan pedagogi. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para akademisi, pendidik, peneliti, dan praktisi untuk ...