Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 9, Issue 2, Agustus 2022

PENGARUH IKLIM K3 DAN PERANAN GURU TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN K3 DI BENGKEL PADA PROGRAM PRODUKTIF SMK NEGERI 1 SEDAYU YOGYAKARTA

Retyana Wahrini (Universitas Negeri Makassar)
Hasbi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh iklim K3 terhadap peningkatan kesadaran K3 di bengkel pada program produktif di SMK N 1 Sedayu Yogyakarta, (2) pengaruh peranan guru terhadap peningkatan kesadaran K3 di bengkel pada program produktif di SMK N 1 Sedayu Yogyakarta, (3) pengaruh iklim K3 dan peranan guru terhadap peningkatan kesadaran K3 di bengkel pada program produktif di SMK N 1 Sedayu Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Sedayu Yogyakarta. Sampel penelitian ini diambil dengan proportional random sampling sebanyak 188 siswa. Variabel bebas dalam penelitian adalah iklim K3 (X1), peranan guru (X2), dan variabel terikat peningkatan kesadaran K3 (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan analisis butir menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) iklim K3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesadaran K3 dengan korelasi 0,659, nilai thitung = 5,341 > ttabel = 1,65, dan dengan nilai kontribusi 43,4%, (2) peranan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesadaran K3 dengan korelasi 0,658, nilai thitung = 6,815 > ttabel = 1,65, dan dengan nilai kontribusi 43,3%, (3) iklim K3 dan peranan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesadaran K3 dengan korelasi 0,711, nilai Fhitung= 94,813 > Ftabel = 2,99, dan dengan nilai kontribusi 50,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...