Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 11, Issue 2, Agustus 2024

Penerapan Framework Bootstrap sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Smk PP Muhammadiyah Tana Toraja: Penerapan Framework Bootstrap sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Smk PP Muhammadiyah Tana Toraja

Dhamayanti, Sinar (Unknown)
bakri, Hasrul (Unknown)
Riska, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan *Bootstrap Framework*. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK PP Muhammadiyah Tana Toraja tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa dalam menganalisis penerapan *Bootstrap Framework* sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pemrograman Web. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan *Bootstrap Framework* dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Web hingga mencapai tingkat ketuntasan sebesar 88%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...