Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul mata kuliah basis data pada Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Metode penelitian yang di gunakan adalah Research and Development (R&D), dengan tahapan 4D (Define, Design, Development, Dessiminate). Pengumpulan data penilaian kelayakan modul menggunakan instrument berupa angket. Penelitian ini melibatkan dua ahli materi, dan dua ahli media untuk menilai kelayakan modul. Mahasiswa juga dilibatkan untuk mendapatkan respon kelayakan modul oleh pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: proses pengembangan modul pembelajaran mata kuliah basis data prodi Pendidikan Teknik informatika dan komputer berdasarkan tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 87,58% (sangat baik). Sedangkan oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan 100% (sangat baik). Respon mahasiswa terhadap modul sebesar 96,8% (dapat diterima). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan modul pembelajaran mata kuliah basis data layak dan dapat diterima untuk digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa pada Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023