Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Vol 8, No 3 (2024): Journal of S.P.O.R.T

Pengaruh Media Pembelajaran Gamification Fun Thinkers Movement Terhadap Physical Fitness dan Critical Thinking Siswa Sekolah Dasar

Darmawan, Arief (Unknown)
Novita Sari, Zihan (Unknown)
Adi Saputra, Surya (Unknown)
Priyohutomo, Ahadi (Unknown)
Putri Hariyoko, Vania (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

Physical fitness merupakan peran yang diperlukan oleh para peserta didik untuk memberikan kegiatan dengan baik dalam maupuan luar sekolah, tingkat physical fitness siswa di sekolah dasar, menunjukan adanya presentase 45,83 %, dengan kategori sedang, 37,50 % dengan kategori kurang dengan, 8,33% dengan kategori baik dan 8,33% dalam kategori kurang sekali, hal ini menjelaskan bahwa tingkat physical fitness pada siswa sekolah dasar masih dalam kategori sedang hingga rendah, selain itu media pembelajaran pada materi kebugaran jasmani masih belum sepenuhnya terintegrasi pada aktivitas fisik yang menyenangkan dan menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran gamification fun thinkers movement terhadap kebugaran jasmani dan keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen one group pretest dan post test design, sampel penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas 5 di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran gamification fun thinkers movement terhadap physical fitnees dan keterampilan critical thinking.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sport

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Artikel yang diterbitkan pada Journal of S.P.O.R.T melingkupi berbagai macam penelitian yang bertema olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Olahraga pendidikan melingkupi : Model pembelajaran penjas, metode pembelajaran penjas, dan yang berkaitan dengan olahraga pada tingkat ...