Publikasi Pendidikan
Vol 14, No 1 (2024)

“One Day Two Thousand”: Menuju Kemandirian Financial Pada Murid Kelas VI Sekolah Dasar

Maidalena, Maidalena (Unknown)
Nasution, Annio Indah Lestari (Unknown)
Ramadhani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Artikel ini membahas hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan siswa kelas VI SD di masyarakat mayoritas Muslim. Hasil tabulasi menunjukkan perubahan signifikan dalam pemahaman siswa tentang konsep dasar keuangan, termasuk kebutuhan, keinginan, pengeluaran, dan arti penting menabung. Meskipun pemahaman tentang perencanaan keuangan masih dalam tahap awal, perubahan positif ini mencerminkan upaya nyata dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola keuangan pribadi di masa depan. Sebelum program literasi keuangan, siswa memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, tetapi setelah program, terdapat peningkatan pemahaman yang ditunjukkan oleh angka presentasi jawaban benar yang lebih tinggi. Siswa sekarang lebih memahami konsep kebutuhan dan keinginan, pengeluaran yang bijak, dan pentingnya menabung. Program ini juga merangsang siswa untuk memikirkan perencanaan keuangan yang lebih baik, seperti membuat anggaran, mengelola utang secara bijak, dan bahkan mempertimbangkan investasi. Kegiatan ini juga menjalin kerjasama antara sekolah dan Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam memperkenalkan produk-produk keuangan syariah. Meskipun masih ada ruang untuk perbaikan, artikel ini menggarisbawahi pentingnya literasi keuangan yang berkelanjutan untuk siswa, yang akan membantu mereka menjadi lebih mandiri dalam mengelola keuangan mereka dan membuat keputusan keuangan yang cerdas di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...