Publikasi Pendidikan
Vol 14, No 3 (2024)

Workshop Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Aktivitas Terintegrasi Teknologi Microsite

Nurrijal, Nurrijal (Unknown)
Damhuri, Damhuri (Unknown)
Darlian, Lili (Unknown)
Sabilu, Murni (Unknown)
Ede, Suriana Gende (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma pendidikan global dengan memfasilitasi pembelajaran lebih interaktif melalui platform digital. Meskipun demikian, pelaksanaannya dalam kurikulum masih terkendala seperti dialami para guru Biologi pada beberapa sekolah di luar Kota Kendari dalam menyiapkan sumber dan aktivitas belajar yang interaktif dan menarik. Salah satu faktor penyebabnya adalah keterbatasan akses teknologi dan sumber informasi hasil riset terkini terkait pembelajaran modern. Sebagai solusi yang dilakukan yaitu menyelenggarakan workshop "Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Aktivitas dengan Terintegrasi Teknologi Microsite." Tujuan workshop ini adalah membagikan best practice pembelajaran dengan memperkenalkan teknologi microsite sebagai media sumber belajar interaktif. Melalui workshop ini, pendidik dapat memberdayakan diri untuk mengembangkan pembelajaran berbasis aktivitas yang lebih interaktif dengan mengintegrasikan materi terkini untuk memperkuat keterlibatan dan pengalaman siswa serta pemahaman yang lebih dalam. Metode yang diterapkan yaitu workshop dengan sesi pelatihan praktis mengenai penggunaan teknologi microsite secara blended learning. Hasil dari kegiatan workshop menunjukkan peningkatan signifikan terkait wawasan pengetahuan peserta sebesar 46%, dengan skor rata-rata pre-test 62,75 meningkat menjadi 91,86 pada post-test. Selain itu, 87% peserta berhasil memiliki keterampilan mendesain pembelajaran yang sesuai dengan kriteria. Melalui workshop ini, dapat mengatasi hambatan praktis dalam upaya meningkatkan kualitas para guru di sekolah untuk mengembangkan pembelajaran Biologi yang berkualitas.Kata kunci: Workshop, Pembelajaran Berbasis Aktivitas, Teknologi Microsite, Biologi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...