Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 01 Nomor 01 (Oktober 2022)

KETERLIBATAN MAHASISWA PKL DALAM SURVEI PENGUKURAN TINGKAT KEBAHAGIAAN OLEH BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN SELAYAR TAHUN 2021

Abdy, Muhammad (Unknown)
Sanusi, Wahidah (Unknown)
Pratiwi, Ika (Unknown)
Muhjria, Muhjria (Unknown)
Syuhri, Ajrian (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Kegiatan ini berlokasi di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satu kegiatan di BPS Selayar adalah Survei Pengukuran Tingkat Kebahagian (SPTK) masyarakat Selayar. Kegiatan ini dilakukan se-Kabupaten Selayar. SPTK memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kebahagian masyarakat dari segi pendidikan, pendapatan, pekerjaan, keluarga, diri sendiri, lingkungan sekitar, kesehatan, dan pemerintahan. Tujuan kegiatan kami ini adalah untuk mengetahui keterlibatan sekaligus alur dari SPTK di BPS Selayar. Metode yang digunakan ialah metode partisipatif dalam proses kegiatan survey yang dilakukan melalui wawancara dan analisa deskriptif. Kegiatan yang berlokasi se-Kabupaten Selayar ini dilakukan selama 1 bulan (Juli 2021). Proses kegiatan ini diawali dengan diberikannya pelatihan kepada Tim PKL oleh pihak BPS, lalu dibekali beberapa instrumen untuk terjun ke lapangan guna mendapatkan SPTK tersebut. Hasil dari kegiatan ini bahwa Tim SPTK (PKL) ini didampingi seorang pegawai BPS untuk melakukan wawancara kepada masyarakat dalam melakukan SPTK tersebut. Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan survey adalah keberadaan kami (TIM PKL) di BPS Selayar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...