Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 3 No. 2 (2024): Volume 03 Nomor 02 (Oktober 2024)

Lesson Study bagi Komunitas Belajar Guru Matematika SMP di Jeneponto untuk Membangun Kesadaran Kolegialitas

Sabri Sabri (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Suradi Suradi (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Hamda Hamda (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Syahrullah Asyari (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk membantu kelompok mitra, yaitu, guru matematika SMP di Kabupaten Jeneponto untuk membangun pemahaman dan kesadaran tentang kolegialitas dalam komunitas belajar mereka. Pemahaman dan kesadaran ini dibangun melalui pelatihan lesson study sebagai metode pengembangan profesionalime guru yang berkelanjutan. Pelatihan diikuti oleh 13 guru dari 11 SMP dengan mengikuti model pembelajaran langsung. Hasil yang dicapai adalah para guru peserta pelatihan memahami seluk beluk lesson study dan implementasinya. Mereka memahami pentingnya bersikap terbuka dan bersedia saling belajar dari praktik masing-masing. Para guru peserta pelatihan berhasil memahami dan membangun kesadaran tentang kolegialitas yang merupakan bagian dari kompetensi sosial guru professional dalam menjalankan program pengembangan profesionalisme di komunitas belajar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...