Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 3 No. 2 (2024): Volume 03 Nomor 02 (Oktober 2024)

PKM Penulisan Soal Matematika Berbasis Konteks bagi Guru SD di Provinsi Sulawesi Barat

Usman Mulbar (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Alimuddin Alimuddin (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Nasrullah Nasrullah (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Zaki (Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru Sekolah Dasar dalam mengembangkan soal matematika berbasis konteks. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka pada 11 hingga 12 Mei 2024 di Provinsi Sulawesi Barat, melibatkan guru-guru SD sebagai peserta. Materi yang disampaikan mencakup teori dan konsep penulisan soal berbasis konteks, pengembangan soal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta penerapannya dalam pembelajaran. Program ini menghasilkan peningkatan kompetensi dan keterampilan guru dalam menyusun soal yang lebih kontekstual dan aplikatif, sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa. Luaran dari kegiatan ini mencakup laporan pelaksanaan, artikel ilmiah, publikasi di media massa, video kegiatan di YouTube, serta peningkatan kapasitas peserta dalam menghadapi tantangan pembelajaran berbasis konteks di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...