Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui tentang model pengembangan 4D. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif dengan mengkombinasikan pendekatan library research dengan teknik pengumpualan data dokumentasi. Penulis juga menggunakan teknik content analisis. Pembahasan yang bersifat penelitian mendalam dengan mengumpulkan semua informasi baik dalam bentuk tulisan-tulisan maupun dalam bentuk informasi media massa. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, define (pendefinisian) dengan melakukan front-end analysis untuk memetakan masalah, learner analysis untuk mengetahui karakteristik peserta didik, concept analysis untuk mengetahui konsep materi diajarkan dan penentuan capaian pembelajaran yang diinginkan. Kedua, design (perencanaan) dengan membuat uji kriteria, pemilihan media pembelajaran dan permainan yang sesuai, bentuk penyajian pembelajaran, simulasi materi dengan media dan permainan yang telah dirancang. Ketiga, develop (pengembangan) dengan melakukan expert appraisal rancangan pembelajaran berbasis permainan kepada ahli permainan dan ahli materi, revisi desain pembelajaran, uji coba pembelajaran berbasis permainan dalam skala kecil, dan revisi model pembelajaran berbasis permainan. Keempat, disseminate (penyebaran) dengan menerapkan pembelajaran berbasis permainan dalam seting kelas sesungguhnya.
Copyrights © 2024