Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 12, No 2 (2024): (Edisi Khusus September 2024)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENUKAL

Siregar, Parlindungan Adi Putra (Unknown)
Arafat, Yasir (Unknown)
Nurlina, Nurlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD Negeri 1 Penukal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksidata, penyejian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Penukal. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah mencakup beberapa aspek, yaitu a) kemampuan komunikasi yang sangat baik, mampu memberikan inmformasi dengan sangat jelas, baik, lancar, tertata dan efisien. b) Memberikan motivasi yang sangat baik, melibatkan upaya motivasi, mengarahkan dan memberikan solusi. c) kemampuan memimpin yang sangat baik ditandai dengan partisipasi dan keterlibatan aktif. d) Pengambilan keputuisn yang sangat baik, dengan menekankan musyawarah dan mufakat dan e) kekuasaan positif yang sangat baik, menciptakan suasana nyaman dan kekeluargaan di SD Negeri 1 Penukal oleh Kepala Sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...