Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Insan Cendikia Sriwijaya. Alat pengumpul data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi serta kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tahapan-tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles and Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen strategi peningkatan kinerja guru di SMA Insan Cendikia Sriwijaya berjalan dengan baik melalui perencanaan program jangka pendek dan jangka panjang. Melaksanakan strategi melalui penugasan, pelatihan, forum diskusi guru dan evaluasi program peningkatan kinerja guru dengan berdasarkan hasil analisis pelaksanaan kinerja guru. Analisis ini mengacu pada capaian hasil belajar siswa. Terdapat kendala dalam upaya peningkatan kinerja guru, antara lain keterbatasan data, keterbatasan fasilitas, sarana prasarana. Beberapa guru juga kurang termotivasi untuk mengikuti program pengembangan diri dan kesulitas dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Solusi yang bisa dihadirkan adalah dengan melaksanakan pembinaan terus menerus melalui supervise guru sekaligus mengevaluasi dan memberi arahan perbaikan. Memberika pelatihan dan penugsan melalui workshop, sosialisasi dan pelatihan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024