Potensia
Vol 10, No 2 (2024): Desember

Kontribusi Gaya Mengajar Expert Guru terhadap Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Toedien, Faisal Amir (Unknown)
Rizqa, Miftahir (Unknown)
Risnawati, Risnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negri 1 Benkalis. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 43 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan. Observasi, angket, dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan korelasi produk Pearson.Hasil penelitian menerima nilai rhitung> rtabel 0,535> 0,301 pada tingkat nilai 5%. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya gaya mengajar guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas siswa belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negri 1 Benkalis. Besarnya kontribusi gaya mengajar guru terhadap aktivitas siswa sebesar 28,6% dan sisanya sebesar 71,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Penelitian ini merupakan kajian tentang kekuatan instrument angket pada penelitian kuantitatif dalam pengukuran Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bengkalis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Potensia

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL POTENSIA, Jurnal Kependidikan Islam adalah jurnal yang terbit dwi tahunan yaitu Juni dan Desember. Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kependidikan Islam yang asli dan belum pernah dipublikasikan pada media manapun. Artikel dapat dikirimkan melalui email: ...