Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah

Harmonisasi Pendidikan Ruh, Akal, dan Badan dalam Filsafat Pendidikan Islam: Mencapai Kesempurnaan Peserta Didik

Fauziah, Syifa Samrotul (Unknown)
Wijayanti, Indri (Unknown)
Hikmatiar, Zidny (Unknown)
Syahidin, Syahidin (Unknown)
Parhan, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harmonisasi pendidikan ruh, akal, dan badan dalam filsafat pendidikan Islam serta relevansinya dengan pembentukan insan kamil. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka, memanfaatkan sumber primer berupa artikel jurnal dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harmonisasi pendidikan dapat dicapai melalui integrasi nilai-nilai spiritual, intelektual, dan fisik dalam proses pendidikan. Pendidikan ruh berperan dalam pembentukan keikhlasan, tawakal, dan akhlak mulia; pendidikan akal meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis; sedangkan pendidikan badan mendukung kesehatan fisik dan harmoni dalam aktivitas sehari-hari. Ketiga dimensi ini, ketika diterapkan secara sinergis, menghasilkan individu yang seimbang dalam aspek spiritual, intelektual, dan fisik sehingga mampu menjalankan perannya sebagai khalifah di bumi. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan pendekatan holistik dalam pendidikan Islam dengan menekankan integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum dan budaya pendidikan, guna menghadapi tantangan globalisasi dan dinamika zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

althariqah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Thariqah Journal Manager invites lecturers, researchers and students to submit best manuscript of his research to be published in Al-Thariqah: Journal of Islamic Education, Faculty of Islamic Religious, Islamic University of Riau. Manuscripts submitted within the scope of the sciences of Islamic ...