Jurnal Rekayasa Sipil
Vol 13, No 1 (2024)

Pengaruh Jumlah Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Aspal Kelas IIIa (Studi Kasus: Jalan Hayam Wuruk, Jakarta)

Pelangie, Kissi Rosari (Unknown)
Kinasih, Reni Karno (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mencatat volume dan jenis kendaraan Jalan Hayam Wuruk sepanjang 1,5 kilometer yang dibagi ke dalam 3 segmen selama 16 jam, dikonversi ke dalam satuan kinerja (smp/jam) sesuai MKJI Bab 5 Perkotaan. Data disajikan dalam diagram batang untuk setiap segmen, menunjukkan fluktuasi volume kendaraan dengan puncak pagi, siang, dan sore hari. Volume kendaraan tertinggi terjadi pada jam sibuk sore (17.00-18.00 WIB) di semua segmen, dengan angka tertinggi 3956,4 smp/jam di Segmen 2. Penelitian juga menemukan kerusakan yang paling signifikan setelah diperiksa dengan Metode Bina Marga adalah lubang, tambalan, dan amblas dengan nilai persentase kerusakan sebesar 41,3781% yang masuk ke dalam kategori banyak kerusakan. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa volume lalu lintas rata-rata tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kerusakan jalan, akan tetapi volume pada jam puncak berpengaruh secara signifikan dengan signifikansi 0.044. Hasil persamaan atau model prediksi dari analisa volume jam puncak dan nilai kerusakan jalan adalah Nr = 58,350 + [0,035×Volume Harian Rata-rata] dengan (R2) = 0,998.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrs

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Program Studi Teknik Sipil Universitas Mercu Buana. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Februari 2012. Naskah dalam jurnal ini berupa hasil penelitian, inovasi – inovasi baru, makalah teknik (makalah lengkap), diskusi (berdasarkan makalah yang terbit sebelumnya) dalam bidang Teknik ...