JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 8 No 2 (2024): JTIEE

Systematic Literature Review : Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Andriani, Siska (Unknown)
Sari, Arissona Dia Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika sangat perlukan diera globalisasi ini. Oleh karena itu, siswa memerlukan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu agar kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika dapat meningkat. Namun, menurut pandangan siswa matematika dianggap susah dan membosankan. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh guru agar memilih model pembelajaran yang sesuai agar menarik dan menyenangkan. Pendekatan yang sesuai adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan ini membangun konsep matematika dengan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalis studi terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview artikel dalam kurun waktu 2019-2024. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel yang sudah teridentifikasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Matematics Education mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...