Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA As-Shofa Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA As-Shofa Pekanbaru sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA As-Shofa Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisa data menunjukan skor rata-rata Pre Test yaitu sebesar 58,33 menjadi 78,51 pada nilai Post test. Jika dihitung presentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan adalah 34,59%.. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA As-Shofa Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran, Rotating Trio Exchang, Hasil Belajar
Copyrights © 2024