TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 3, No 01 (2024): Vol 03. No. 01 2024 (Maret)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Akmal, Akmal (Unknown)
Mairizal, Mairizal (Unknown)
Zaswita, Hermi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA As-Shofa Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA As-Shofa Pekanbaru sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA As-Shofa Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisa data menunjukan skor rata-rata Pre Test yaitu sebesar 58,33 menjadi 78,51 pada nilai Post test. Jika dihitung presentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan adalah 34,59%.. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Rotating Trio Exchang terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA As-Shofa Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran, Rotating Trio Exchang, Hasil Belajar 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...