Borneo Journal of Islamic Education
Vol 4 No 2 (2024): Borneo Journal of Islamic Education 4 (2), November 2024

Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Lukman, Hellena Nisfary (Unknown)
Ilyasin, Mukhamad (Unknown)
Muliyandari, Atika (Unknown)
Rahman, Muhammad Rezza Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2024

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa SDN 013 Palaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diindikasikan dengan sikap bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas, serta pasifnya kegiatan tanya-jawab siswa dan guru membuat materi pembelajaran tidak dapat dipahami dengan baik, sehingga peran guru Pendidikan Agama Islam benar-benar penting untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 013 Palaran. Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa SDN 013 Palaran. Analisis data menggunakan konsep Miles, Huberman, & SaldaƱa dengan tahapan data condensation, data display, dan drawing conclusion. Keabsahan data menggunakan diuji dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini membahas upaya-upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui berbagai pembiasaan, yang mana upaya-upaya tersebut terbagi dalam lima peran guru, yaitu 1) Motivator; 2) Sumber belajar; 3) Pembimbing; 4) Fasilitator, dan; 5) Pengelola.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bjie

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Islamic Education (e-2775-6548) is the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an article in Borneo Journal of Islamic Education is ...