Rendahnya minat belajar siswa SDN 013 Palaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diindikasikan dengan sikap bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas, serta pasifnya kegiatan tanya-jawab siswa dan guru membuat materi pembelajaran tidak dapat dipahami dengan baik, sehingga peran guru Pendidikan Agama Islam benar-benar penting untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 013 Palaran. Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa SDN 013 Palaran. Analisis data menggunakan konsep Miles, Huberman, & SaldaƱa dengan tahapan data condensation, data display, dan drawing conclusion. Keabsahan data menggunakan diuji dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini membahas upaya-upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui berbagai pembiasaan, yang mana upaya-upaya tersebut terbagi dalam lima peran guru, yaitu 1) Motivator; 2) Sumber belajar; 3) Pembimbing; 4) Fasilitator, dan; 5) Pengelola.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024