Borneo Journal of Islamic Education
Vol 4 No 2 (2024): Borneo Journal of Islamic Education 4 (2), November 2024

Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Untuk Mendukung Keberhasilan Kurikulum Merdeka

Ratnawati, Eny (Unknown)
Warman, Warman (Unknown)
Mulawarman, Widyatmike Gede (Unknown)
Haryaka, Usfandy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi kepemimpinan transformasional untuk mendukung keberhasilan kurikulum merdeka di SMPN 1 Anggana. (2) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di bawah kepemimpinan kepala sekolah. (3) Hambatan dan solusi yang dialami guru di SMPN 1 Anggana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif juga dikenal sebagai penelitian interpretatif, penelitian naturalistik, atau penelitian fenomenologis. Ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan biasanya menggunakan pendekatan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah mampu mendukung terlaksananya pembelajaran kurikulum merdeka. Dengan strategi yang digunakan kepala sekolah implementasi kurikulum merdeka dapat berjalan dengan baik. Hambatan yang terjadi dapat diatasi oleh kepala sekolah dengan mengadakan komunikasi dengan guru, orang tua dan steakholder yang ada di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bjie

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Islamic Education (e-2775-6548) is the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an article in Borneo Journal of Islamic Education is ...