Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi kepemimpinan transformasional untuk mendukung keberhasilan kurikulum merdeka di SMPN 1 Anggana. (2) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di bawah kepemimpinan kepala sekolah. (3) Hambatan dan solusi yang dialami guru di SMPN 1 Anggana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif juga dikenal sebagai penelitian interpretatif, penelitian naturalistik, atau penelitian fenomenologis. Ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan biasanya menggunakan pendekatan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah mampu mendukung terlaksananya pembelajaran kurikulum merdeka. Dengan strategi yang digunakan kepala sekolah implementasi kurikulum merdeka dapat berjalan dengan baik. Hambatan yang terjadi dapat diatasi oleh kepala sekolah dengan mengadakan komunikasi dengan guru, orang tua dan steakholder yang ada di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024