Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran zoom dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran tahun 2022, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Hasil belajar berfungsi sebagai variabel dependen dalam penelitian ini, sementara materi pembelajaran Zoom dan gaya belajar visual berfungsi sebagai variabel independen utama. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei adalah metode penelitian yang digunakan. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 85 siswa yang menjadi sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak Jeffreys's Amazing Statistics Program (JASP). Kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengumpulkan data. Dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas sebelum analisis data. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sementara uji multikolinearitas memastikan tidak ada masalah multikolinearitas dalam model regresi yang digunakan. Selain itu, uji heterokedastisitas mengonfirmasi bahwa tidak terdapat indikasi kuat masalah heteroskedastisitas dalam model regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran zoom berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (2) gaya belajar visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (3) media pembelajaran zoom dan gaya belajar visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Media Pembelajaran Zoom, Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar
Copyrights © 2024