Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun 2022, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yang melibatkan 50 mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun 2022, yang dipilih berdasarkan kriteria yang relevan dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 25, dengan uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan keakuratannya. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, meliputi uji asumsi klasik, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R-Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,610 dan signifikansi di bawah 0,05. Sementara itu, lingkungan belajar tidak memberikan pengaruh signifikan, dengan nilai signifikansi 0,319. Nilai R-Square sebesar 46,1% menunjukkan bahwa 46,1% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh kemandirian belajar dan lingkungan belajar, sementara 53,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kemandirian belajar, Lingkungan belajar, Hasil belajar
Copyrights © 2024