Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA

Khansa Labibah (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pembelajaran Blended Learning di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta mempengaruhi efektivitas pembelajaran mahasiswa. Diharapkan bahwa blended learning, yang menggabungkan instruksi tatap muka dan virtual, akan meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memungkinkan aksesibilitas yang lebih besar dan fleksibilitas waktu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan menggunakan skala Likert kepada 47 responden. Dengan menggunakan bantuan SPSS, data diperiksa menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, serta uji hipotesis parsial (uji t) dan simultan (uji F). Dengan nilai f hitung sebesar 47.968 lebih besar dari f tabel 3,20. Penerapan metode ini memberikan fleksibilitas waktu, meningkatkan partisipasi aktif, dan memfasilitasi interaksi antara dosen dan mahasiswa, sehingga mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran dipengaruhi secara signifikan oleh blended learning, terutama dalam hal meningkatkan keterlibatan aktif dan pemahaman materi. Kata Kunci: Blended Learning, Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...