Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pengaruh dari project based learning dan mind-mapping terhadap berpikir kreatif mahasiswa jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran UNJ tahun 2022. Variabel independen pada penelitian ini adalah project based learning dan mind-mapping dan variabel dependennya adalah berpikir kreatif. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan alatnya, yaitu kuesioner yang disebarkan ke mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNJ tahun 2022. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive karena terdapat beberapa kriteria tertentu yang menjadi pertimbangan dengan populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNJ tahun 2022 yang berjumlah 85 orang. Hasil penelitian ini dilihat dari uji t nya memiliki hasil yang signifikan, yaitu project based learning bernilai 4,652 > 2,009 dan mind-mapping sebesar 5,019 > 2,009, yang artinya kedua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap berpikir kreatif. Penghitungan hasil dilakukan menggunakan JASP (Jeffreys's Amazing Statistics Program). Dilakukan juga uji validitas, reliabilitas, serta normalitas. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan: 1) project based learning berpengaruh signifikan terhadap berpikir kreatif, 2) mind-mapping berpengaruh signifikan terhadap berpikir kreatif, 3) project based learning dan mind-mapping secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap berpikir kreatif. Kata Kunci: Project Based Learning, Mind-Mapping, Berpikir Kreatif
Copyrights © 2024