Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH APLIKASI TIKTOK DAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA

Jeanny Marcella Cornelia Kaimarehe (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh aplikasi Tiktok dan pembelajaran daring terhadap konsentrasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan kusioner yang telah disebarkan kepada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2022, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta dengan sampel sebanyak 69 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis deskripsi dan uji statistic regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tiktok (X1) dan pembelajaran daring (X2) terhadap konsentrasi belajar (Y) berkontribusi secara tidak signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai dampak media sosial dan metode pembelajaran modern terhadap proses belajar mahasiswa di era digital. Kata Kunci: Aplikasi Tiktok, pembelajaran daring dan konsentrasi belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...