Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh aplikasi Tiktok dan pembelajaran daring terhadap konsentrasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan kusioner yang telah disebarkan kepada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2022, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta dengan sampel sebanyak 69 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis deskripsi dan uji statistic regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tiktok (X1) dan pembelajaran daring (X2) terhadap konsentrasi belajar (Y) berkontribusi secara tidak signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai dampak media sosial dan metode pembelajaran modern terhadap proses belajar mahasiswa di era digital. Kata Kunci: Aplikasi Tiktok, pembelajaran daring dan konsentrasi belajar
Copyrights © 2024