Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada materi teks deskripsi Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran demonstrasi di SDN 01 Demangan Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 siswa yang terpilih berdasarkan hasil observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar mereka. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai yang meningkat dari 61,25 pada pra siklus, menjadi 67,59 pada siklus I, dan mencapai 86,30 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa juga meningkat dari 38,89% menjadi 100% setelah penerapan model pembelajaran demonstrasi. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran demonstrasi tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mampu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif, yang penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Copyrights © 2024