Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 11 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 5 PADA MATERI TEKS DESKIPSI BAHASA INDONESIA

Azzahra Dwi Rosdianingrum (Unknown)
Cerianing Putri Pertiwi (Unknown)
Misini, Misini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada materi teks deskripsi Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran demonstrasi di SDN 01 Demangan Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 siswa yang terpilih berdasarkan hasil observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar mereka. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai yang meningkat dari 61,25 pada pra siklus, menjadi 67,59 pada siklus I, dan mencapai 86,30 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa juga meningkat dari 38,89% menjadi 100% setelah penerapan model pembelajaran demonstrasi. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran demonstrasi tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mampu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif, yang penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...