Penelitian ini bertujuan menjelaskan kesulitan yang dialami siswa sekolah dasar dalam memahami geometri, khususnya pada bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru wali kelas 4 di sebuah sekolah dasar di Jakarta Timur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami penggunaan rumus untuk menghitung keliling dan luas berbagai bangun datar. Kesulitan ini terutama muncul saat siswa menghadapi soal cerita dan soal yang melibatkan bangun datar gabungan. Kecemasan, kurang motivasi, dan kemampuan kognitif yang berbeda bisa mempengaruhi cara siswa memahami pelajaran. Faktor luar seperti dukungan keluarga yang kurang dan lingkungan belajar yang tidak mendukung dapat membuat belajar terhambat. Untuk menyelesaikan masalah ini, guru menggunakan berbagai media yang nyata dan model pembelajaran yang interaktif untuk memperkuat pemahaman konsep geometri secara praktis. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar konkret dan lingkungan belajar yang kondusif dapat membantu siswa lebih memahami materi geometri. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan minat siswa serta kemampuan mereka untuk belajar matematika secara mandiri. This study aims to explain the difficulties experienced by elementary school students in understanding geometry, especially in flat shapes. This research used descriptive qualitative method. Data were collected through interviews with grade 4 homeroom teachers at an elementary school in East Jakarta. The results revealed that students have difficulty in understanding the use of formulas to calculate the perimeter and area of various flat shapes. This difficulty mainly arises when students face story problems and problems involving combined flat shapes. and problems involving composite flat shapes. Anxiety, lack of motivation, and different cognitive abilities can affect the way students understand lessons. External factors such as lack of family support and an unsupportive learning environment can hinder learning. To solve this problem, teachers use a variety of tangible media and interactive learning models to strengthen understanding of geometry concepts in a practical way. This research shows that the use of concrete teaching materials and a conducive learning environment can help students better understand geometry materials. better understand geometry materials. In addition, it can also increase students' interest as well as their ability to learn math independently.
Copyrights © 2024