Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI PILAR PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

Salma Novi Safitri (Unknown)
Nauroh Mahdiyyah Azhim (Unknown)
Nabila Nisa Azzahra (Unknown)
M. Yunus Abu Bakar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Artikel ini mengulas peran strategis pendidikan Islam dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Pendidikan Islam dianggap sebagai landasan penting untuk membentuk individu yang memiliki iman, takwa, dan akhlak mulia, sekaligus mampu bersaing di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif deduktif untuk mengevaluasi relevansi pendidikan Islam dalam peningkatan kualitas SDM. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam berperan dalam membangun moral, karakter, serta keterampilan individu melalui penerapan strategi berskala makro dan mikro. Meski demikian, masih terdapat kendala seperti kurikulum yang kurang sesuai dengan kebutuhan dan pemisahan antara ilmu agama serta umum. Artikel ini menyarankan pengintegrasian kurikulum, penguatan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, serta penajaman visi pendidikan Islam guna menjawab tantangan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...