Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PANDANGAN FILSAFAT TERHADAP HUBUNGAN MANUSIA DAN PENDIDIKAN

Nafis, Rasydan Mohammad (Unknown)
Furqon, M. Rully (Unknown)
A, Achmad Faisol (Unknown)
Bakar, M. Yunus Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Manusia adalah makhluk yang paling kompleks, karena manusia dapat menjadikan dirinya sekaligus subjek dan objek. Filsafat adalah induk semua ilmu yang ada dalam semesta ini, manusia berfilsafat guna mencari kebenaran dari sebuah ilmu. Berbicara tentang pendidikan berarti membicarakan tentang hidup dan kehidupan manusia. berbicara tentang kehidupan manusia berarti harus mempersoalkan masalah kependidikan. Jadi, antara manusia dan pendidikan terjalin hubungan kausalitas. Karena manusia, pendidikan mutlak ada dan karena pendidikan, manusia semakin menjadi diri sendiri sebagai manusia yang manusiawi. Hubungan interaktif antara filsafat dan pendidikan berlangsung dalam lingkaran kultural dan pada akhirnya menghasilkan yang disebut dengan filsafat pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar, terencana, sistematis dan berkelanjutan untuk mengembangkan potensi-potensi bawaan manusia. Kata kunci: Filsafat, Manusia, Pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...