Strategi yang tepat sangat diperlukan untuk pembelajaran dalam pendidikan inklusif. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Salah satu hal yang harus dimiliki oleh lembaga inklusif adalah kehadiran guru pendamping. Keterampilan guru sangat diperlukan dalam mengelola kelas dalam pendidikan inklusif, seorang guru dituntut memiliki kompetensi dan kemampuan dalam mengelola pembelajaran serta menguasai aspek perkembangan anak. Dengan hadirnya guru pendamping di sekolah, anak berkebutuhan khusus merasa terbantu dalam setiap aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru dalam Pendidikan Inklusif di salah satu Sekolah Dasar di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan analisis data kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai peran guru di salah satu sekolah dasar di Surakarta belum berjalan dengan baik karena sekolah dasar tersebut belum mempunyai guru pendamping sehingga guru kelas harus sekaligus berperan sebagai guru pendamping.
Copyrights © 2024