Pentingnya menanamkan nilai kemanusiaan yang adil dalam pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Dasar harus diperhatikan. Nilai kemanusiaan Pancasila harus diintegrasikan dalam kurikulum dan praktik pendidikan untuk memberikan pembelajaran yang setara bagi anak berkebutuhan khusus dalam mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kualitas interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber informasi. Tujuannya adalah untuk mengkaji implementasi nilai kemanusiaan Pancasila dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus, serta memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif di Indonesia. The importance of instilling fair humanitarian values in the education of special needs children (SNC) in elementary schools must be emphasized. The humanitarian values of Pancasila should be integrated into the curriculum and educational practices to provide equal learning opportunities for special needs children, enabling them to develop their potential and improve the quality of their social interactions. This study employs a literature review method by collecting and analyzing various sources of information. The aim is to examine the implementation of Pancasila's humanitarian values in the education of special needs children and to offer insights for the development of more inclusive educational policies in Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024