Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

MENANAMKAN NILAI KEMANUSIAAN PANCASILA PADA PENDIDIKAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Laela, Ika Nur (Unknown)
Puspitasari, Ita (Unknown)
Cantika, Nabila Deo (Unknown)
Rawanoko, Endrise Septina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Pentingnya menanamkan nilai kemanusiaan yang adil dalam pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Dasar harus diperhatikan. Nilai kemanusiaan Pancasila harus diintegrasikan dalam kurikulum dan praktik pendidikan untuk memberikan pembelajaran yang setara bagi anak berkebutuhan khusus dalam mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kualitas interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber informasi. Tujuannya adalah untuk mengkaji implementasi nilai kemanusiaan Pancasila dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus, serta memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif di Indonesia. The importance of instilling fair humanitarian values in the education of special needs children (SNC) in elementary schools must be emphasized. The humanitarian values of Pancasila should be integrated into the curriculum and educational practices to provide equal learning opportunities for special needs children, enabling them to develop their potential and improve the quality of their social interactions. This study employs a literature review method by collecting and analyzing various sources of information. The aim is to examine the implementation of Pancasila's humanitarian values in the education of special needs children and to offer insights for the development of more inclusive educational policies in Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...