Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS: MEMAKNAI SILA KELIMA PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Desy Nur Afriyani (Unknown)
Azhar Nur Fitriani (Unknown)
Ma’ruf Nur Ramadan (Unknown)
Deni Zein Tarsidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Prinsip Pendidikan sebagai hak asasi manusia menjadi landasan penting dalam setiap upaya pembangunan sosial. Setiap individu, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) mempunyai hak untuk memperoleh Pendidikan yang berkualitas tanpa diskriminasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, studi literatur untuk meneliti pemenuhan hak pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar dalam perspektif Pancasila. Peneliti menemukan beberapa tantangan yang menghambat terciptanya belajar inklusif, diantaranya: (1) ketidakpahaman tenaga pendidik terhadap peserta didik berkebutuhan khusus; (2) keterbatasan fasilitas; dan (3) stigma sosial. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan upaya yang lebih serius, yaitu dengan menerapkan implementasi sila kelima pancasila dalam pendidikan, seperti ketersediaan sarana dan prasarana, kesiapan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inklusif, peran serta orang tua dan masyarakat, dan evaluasi program pendidikan inklusif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...