Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

REHABILITASI PENGAJARAN PKN DI SD: MODIFIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEBUTUHAN PESERTA DIDIK

Dina Ernawati (Unknown)
Indah Kurniasari (Unknown)
Berta Putri Aprilia (Unknown)
Deni Zein Tarsidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar sering kali dianggap monoton dan kurang relevan dengan kebutuhan siswa, yang menyebabkan rendahnya minat dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan pembelajaran interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam meningkatkan hasil belajar PKn. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur terkait modifikasi pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Temuan utama menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang dirancang secara interaktif dan sesuai kebutuhan siswa dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kewarganegaraan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan interaktif berbasis kebutuhan siswa lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...