Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan media pembelajaran Pop-Up Book dalam membuat pembelajaran bermakna dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di sekolah dasar (SD). Dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, penelitian ini menganalisis bagaimana media Pop-Up Book dapat membantu peserta didik memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan motivasi, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan bermakna. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Pop-Up Book dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak dalam materi PKN. Selain itu, media ini juga berhasil menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Pop-Up Book merupakan alat yang efektif dalam membuat pembelajaran PKN di SD lebih bermakna dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.
Copyrights © 2024