Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK : MEMBUAT PEMBELAJARAN PKN DI SD LEBIH BERMAKNA

Azizah Malika Salsabilah (Unknown)
Bondan Wira Pranatama (Unknown)
Zahrotunnisa’ (Unknown)
Deni Zein Tarsidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan media pembelajaran Pop-Up Book dalam membuat pembelajaran bermakna dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di sekolah dasar (SD). Dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, penelitian ini menganalisis bagaimana media Pop-Up Book dapat membantu peserta didik memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan motivasi, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan bermakna. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Pop-Up Book dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak dalam materi PKN. Selain itu, media ini juga berhasil menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Pop-Up Book merupakan alat yang efektif dalam membuat pembelajaran PKN di SD lebih bermakna dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...